Berita terkini Indonesia dan internasional seputar Politik, ekonomi, entertainmen, sepak bola, dan berita sekitar anda.

Inilah Perbedaan Pemasaran dan Penjualan Dalam Kegiatan Bisnis

Pemasaran dan penjualan seringkali ditemukan dalam menjalankan bisnis. Meski sudah sangat familiar, namun tak sedikit pebisnis yang belum mampu memahami dan membedakan keduanya.

Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Supaya bisnis yang anda tekuni berjalan secara lancar, pastikan anda ketahui perbedaan pemasaran dan penjualan tersebut. Untuk mengetahuinya, anda bisa simak ulasan yang kami bagikan di bawah ini.

Pengertian Pemasaran dan Penjualan

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan, ada baiknya anda ketahui dulu pengertiannya. Adapun pengertian pemasaran (marketing) yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenalkan produk ataupun jasa.

Dengan demikian, produk dan jasa tersebut bisa dikenal pasar. Pemasaran ini dilakukan dengan berkomunikasi, baik itu secara langsung maupun melalui media tertentu. Pengenalan produk atau jasa ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan pelanggan.

Lain halnya dengan penjualan (sales). Penjualan adalah suatu kegiatan personel yang menjual produk atau memberikan layanan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Dalam penjualan ini, prosesnya melibatkan jual beli produk.

Supaya penjualan bisa berhasil, salesman harus mampu mencuri perhatian dan minat pelanggan untuk membeli. Maka dari itu, penjual harus tahu mengenai detail informasi produk atau jasa yang ditawarkan. Jangan sampai pelanggan merasa ragu untuk membeli produk ataupun menggunakan jasa yang anda tawarkan.

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Beralih ke perbedaannya, pemasaran dan penjualan memang jauh berbeda. Adapun salah satu hal yang memperlihatkan perbedaannya yaitu aktivitas yang dilakukan. Apabila pemasaran melakukan aktivitas yang mencangkup semua kegiatan bisnis.

Sementara penjualan hanya fokus dalam menjual dan meningkatkan penjualan produk ataupun jasa. Dengan demikian, aktivitas pemasaran jauh lebih kompleks.

Selain aktivitas bisnis, perbedaannya juga bisa anda ketahui dari hubungan dengan pelanggan. Jika pemasaran, hubungan dengan pelanggan harus tetap dijaga secara baik, baik itu sebelum maupun sesudah melakukan transaksi. Sedangkan untuk penjualan, hubungannya hanya sampai terjadinya proses transaksi jual beli saja.

Tak mengherankan karena pemasaran bertujuan untuk menjaga loyalitas pelanggan sehingga harus menjalin hubungan yang lebih erat.

Hal lain yang juga bisa anda perhatikan dalam membedakan antara pemasaran dan penjualan yaitu image brand produk.

Dalam hal ini, pemasaran harus mampu menjaga image brand produk. Dengan demikian, pelanggan mau membeli produk dikarenakan sudah mengetahui kualitasnya. Berbeda dengan penjualan yang tidak fokus pada image brand produk.

Hal yang harus dilakukan dalam penjualan hanyalah membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Pemasaran dan penjualan tak bisa dipisahkan dalam menekuni dunia bisnis. Dengan anda mengetahui perbedaan pemasaran dan penjualan, maka anda akan lebih mudah dalam mengoptimalkan kinerja. Hal tersebut tentu saja bisa memudahkan anda dalam mengembangkan dan memajukan bisnis yang tengah anda tekuni.

Anda bisa mencoba juga pemasaran melalui SEO jakarta


Add Your Comment

* Indicates Required Field

Your email address will not be published.

*